Langsung ke konten utama

MERANGKUM MATERI PAMERAN SENI RUPA

PAMERAN KARYA SENI RUPA

1. PENGERTIAN PAMERAN


Pameran Karya Seni Rupa
 adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator.


3. MANFAAT PAMERAN

Berikut ini adalah manfaat dari pameran karya seni:
  1. Untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan apresiasi seseorang terhadap karya seni rupa.
  2. Untuk melatih diri agar bisa bekerja sama dengan orang lain.
  3. Untuk melatih sikap tanggung jawab dan kemandirian.
  4. Untuk menumbuhkan motivasi.
  5. Untuk menghilangkan rasa stres dan jenuh dari rutinitas.
  6. Untuk dijadikan sebagai sarana promosi.
5. JENIS-JENIS PAMERAN
Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pameran seni rupa, antara lain sebagai berikut:

1. Menurut Jumlah Pesertanya

  • Pameran tunggal, Merupakan pameran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individual (perorangan).
  • Pameran kelompok, Marupakan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh baberapa saniman atau pengrajin.

2. Menurut Sifatnya 

  • Pameran Insidental, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara berkala yang didasarkan atas kebutuhan yang ada, misalnya: pameran kaligrafi guna menyongsong perayaan Isro’ Mi’raj.
  • Pameran rutin, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan, misalnya: pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.
  • Pameran permanen, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.

3. Menurut Ragam Jenis Karya yang Digelar

  • Pameran homogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.
  • Pameran heterogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.

4. Menurut Tempat Berlangsungnya 

  • Pamaran terbuka, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di luar ruangan secara tarbuka.
  • Pameran tertutup, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di dalam ruangan suatu gedung.
  • Pameran bergerak, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan menggunakan alat yang bergerak, seperti kendaraan/ mobil.
download aplikasi dan game yang anda cari di : 

5. Menurut Jenis Dimensi Karya Seni Rupa

  • Pameran karya seni rupa dua dimensi
Pameran yang hanya menyajikan karya seni rupa pada bidang datar seperti gambar, lukisan, seni grafis. Karya ini hanya dapat dinikmati dari satu arah.

  • Pameran karya seni rupa tiga dimensi
Pameran yang hanya menyajikan karya seni yang memiliki volume/kesan ruang yang sebenarnya, yaitu memiliki ukuran Panjang x lebar x tinggi. Karya seni ini dapat diamati dari berbagai arah.

7. ORGANISASI KERJA PAMERAN


Penyelenggaraan sebuah pameran biasanya dilakukan oleh sebuah panitia. Hal ini untuk mengatur mekanisme kerja secara efektif. Kepanitiaan pameran di sekolah dapat disusun sebagai berikut.

 Daftar Panitia Pameran Seni Rupa


No
Susunan Panitia
Tugas/ Tanggungjawab
1
Pembimbingmembimbing para panitia
2
Ketuabertanggung jawab atas seluruh pelaksanaan
3
Wakil Ketuamembantu ketua untuk urusan keluar
4
Sekretarismembantu bidang administrasi
5
Bendaharamembantu bidang keuangan
6
Seksi Penyeleksibertugas menyeleksi karya-karya yang akan dipamerkan
7
Seksi Usahabertugas mencari dana
8
Seksi Publikasi dan Humasbertugas menghubungi pihak luar yang terkait
9
Seksi Dekorasibertugas mengatur komposisi pameran
10
Seksi Akomodasibertugas menyiapkan ruang, tempat, display
11
Seksi Operasionalbertugas menjaga, menerangkan, dan menerima tamu (pengunjung)
12
Seksi Keamananbertanggung jawab atas keamanan pameran
13
Seksi PPPKbertugas mengatasi kecelakaan dalam pameran
9. PERSIAPAN PELAKSANAAN PAMERAN

Setelah penyusunan rencana, maka langkah selanjutnya dalam menyelenggarakan pameran seni rupa adalah melakukan persiapan konkret. Persiapan-persiapan tersebut meliputi poin-poin dibawah ini.

Menyiapkan dan Memilih Karya

Mengundang perupa untuk berkarya sesuai dengan tema lalu memilih karya yang akan dipajang adalaha hal mutlak untuk pameran. Karena karya-karya tersebut adalah inti dari kegiatan pameran seni rupa. Pemilihan karya setelah karya dapat didasarkan terhadap kualitas, jenis karya yang memungkinkan didisplay di lokasi, dan kesesuaian karya terhadap tema pameran.

Menyiapkan Perlengkapan Pameran



Jangan lupa bahwa ini adalah tahapan persiapan, bukan hanya rencana lagi. Maka, secara konkret berbagai perlengkapan pameran sudah harus mulai disediakan. Perlengkapan tersebut meliputi:
  1. Ruangan pameran yang telah dipersiapkan untuk pelaksanaan pameran
  2. Sekat partisi (panel/panil), untuk menata karya berdasarkan jenis atau temanya, dapat digunakan sebagai pengatur aliran pengujung juga.
  3. Katalog pameran atau buku pameran yang berisi kuratorial atau teks pernyataan/gagasan kurator terhadap tema dan karya yang dipamerkan, gambar dan teks pernyataan/gagasan seniman terhadap karya yang diperlihatkan pada pameran.
  4. Buku tamu, untuk menampung data para pengunjung yang akan berguna sebagai laporan akhir dan evaluasi pameran.
  5. Pencahayaan, seperti lampu sorot untuk memperjelas penampilan karya-karya yang dipamerkan, lampu penerangan, lampu ambient, dsb.
  6. Poster, x-banner, brosur dan media penunjang display lainnya. Terkadang beberapa pameran juga biasanya menampilkan seni instalasi untuk mengganti penunjang display ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

1. Arsitektur Judul                       : Eifel Tower Seniman                  : Gustave Eiffel Media                      : Besi Teknik                     : Rakit Ukuran                    : Tinggi 324 m Tahun Pembuatan   : 1887 Deskripsi                :  Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6–7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama,   setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.1

SENI RUPA 2 DIMENSI

1. WHISTLER'S MOTHER Judul                        : Whistler's Mother Seniman                  : James McNeil Whistler Media                       : Kanvas dan cat minyak Teknik                      : Lukis Ukuran                     : 1,44 x 1,62 meter Tahun Pembuatan : 1817 M Jika kalian pernah menonton film Mr.Bean karya Rowan Atkinson, pasti anda familiar dengan lukisan ini.  Lukisan ini merupakan lukisan yang dibuat menggunakan cat minyak dan kanvas oleh seorang senimanb amerika yang bernama McNeil Whistler pada tahun 1817. Nama resmi lukisan ini seharusnya Arrangement in Grey and Black, tetapi terkenal dengan nama Whistler's Mother. Lukisan ini sekarang berada di Musse d'Orsay, P aris. 2. THE SCREAM  Judul                        : The Scream  Seniman                  : Edward Munch Media                       : Kanvas Teknik                      : Tempera Ukuran                     : 83,5 x 66 cm Tahun Pembuatan