Langsung ke konten utama

Karya Seni Rupa 3 Dimensi


1. Arsitektur


Judul                       : Eifel Tower
Seniman                  : Gustave Eiffel
Media                      : Besi
Teknik                     : Rakit
Ukuran                    : Tinggi 324 m
Tahun Pembuatan   : 1887
Deskripsi                : Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6–7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.


2. Arsitektur


Judul                       : Candi Prambanan
Seniman                  : Rakai Pikatan
Media                      : Batu
Teknik                     : Rakit
Ukuran                    : 390 m2
Tahun Pembuatan   : 850 M
Deskripsi               : Denah asli Candi Prambanan berbentuk persegi panjang, terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran, yaitu Jaba (pelataran luar), Tengahan (pelataran tengah) dan Njeron (pelataran dalam). Halaman luar merupakan areal terbuka yang mengelilingi pelataran luar. Pelataran luar berbentuk bujur dengan luas 390 m2. Pelataran ini dahulu dikelilingi oleh pagar batu yang kini sudah tinggal reruntuhan. Pelataran luar saat ini hanya merupakan pelataran kosong. Belum diketahui apakah semula terdapat bangunan atau hiasan lain di pelataran ini.

3. Patung 


Judul                       : The Thinker
Seniman                  : Auguste Rodin
Media                      : Perunggu
Teknik                     : Cor
Ukuran                    : 1,89 m x 98 cm x 1,4 m
Tahun Pembuatan   : 1880
Deskripsi               : The Thinker awalnya bernama The Poet (bahasa Perancis: Le Poète ), dan merupakan bagian dari komisi besar yang dimulai pada tahun 1880 untuk sebuah pintu mengelilingi yang disebut The Gates of Hell . Rodin mendasarkan ini pada The Divine Comedy Dante Aligieri , dan sebagian besar tokoh dalam karya tersebut mewakili karakter utama dalam puisi dengan The Thinker di tengah komposisi di atas pintu dan agak lebih besar daripada sebagian besar tokoh lainnya. Beberapa kritikus percaya bahwa itu awalnya dimaksudkan untuk menggambarkan Dante di gerbang Neraka, merenungkan puisi besarnya.

4. Patung 


Judul                       : Motherland Calls
Seniman                  : Yevgeny Vuchetich
Media                      : Perunggu
Teknik                     : Cor
Ukuran                    : Tinggi 85 m
Tahun Pembuatan   : 1967
Deskripsi               : Motherland Calls merupakan monumen Perang Dunia (PD) II paling terkenal di Rusia. Dengan tinggi 85 meter, tak pelak patung di Volgograd ini menjadi patung tertinggi di Eropa. Bahkan, berat pedangnya saja sudah 14 ton. Tak heran proses renovasinya pun terbilang luar biasa. Motherland Calls dibuka tahun 1967 sebagai monumen untuk mengenang Pertempuran Stalingard. Perang itu telah menewaskan 700 ribu orang. Tak sia-sia, kemenangan Soviet atas Nazi Jerman pun menjadi titik balik Perang Dunia II. Monumen ini pun menggambarkan Ibu Pertiwi yang menyerukan rakyatnya agar melawan Nazi Jerman dan sekutunya.

Desain Produk


Judul          : "Vas Bunga"
Karya         : Kelompok Galuh
Tahun         : 2019
Media         : Kain dan Semen
Ukuran       : Tinggi 40 cm
Deskripsi    : Vas bunga tersebut terbuat dari kain yang dilumuri adonan semen kemudian dijemur sambil dilekuk-lekuk sehingga memiliki bentuk. kemudian diberi cat agar vas memiliki kesan berwarna. Memiliki sifat bentuk yang memberi kesan sehingga menjadi lebih hidup. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SENI RUPA 2 DIMENSI

1. WHISTLER'S MOTHER Judul                        : Whistler's Mother Seniman                  : James McNeil Whistler Media                       : Kanvas dan cat minyak Teknik                      : Lukis Ukuran                     : 1,44 x 1,62 meter Tahun Pembuatan : 1817 M Jika kalian pernah menonton film Mr.Bean karya Rowan Atkinson, pasti anda familiar dengan lukisan ini.  Lukisan ini merupakan lukisan yang dibuat menggunakan cat minyak dan kanvas oleh seorang senimanb amerika yang bernama McNeil Whistler pada tahun 1817. Nama resmi lukisan ini seharusnya Arrangement in Grey and Black, tetapi terkenal dengan nama Whistler's Mother. Lukisan ini sekarang berada di Musse d'Orsay, P aris. 2. THE SCREAM  Judul                        : The Scream  Seniman                  : Edward Munch Media                       : Kanvas Teknik                      : Tempera Ukuran                     : 83,5 x 66 cm Tahun Pembuatan

MERANGKUM MATERI PAMERAN SENI RUPA

PAMERAN KARYA SENI RUPA 1. PENGERTIAN PAMERAN Pameran Karya Seni Rupa  adalah kegiatan yang dilakukan oleh para seniman baik itu perorangan ataupun kelompok untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat melalui media seni rupa sehingga pameran tersebut dapat menjadi alat komunikasi antara seniman dengan sang apresiator. 3. MANFAAT PAMERAN Berikut ini adalah manfaat dari pameran karya seni: Untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan apresiasi seseorang terhadap karya seni rupa. Untuk melatih diri agar bisa bekerja sama dengan orang lain. Untuk melatih sikap tanggung jawab dan kemandirian. Untuk menumbuhkan motivasi. Untuk menghilangkan rasa stres dan jenuh dari rutinitas. Untuk dijadikan sebagai sarana promosi. 5. JENIS-JENIS PAMERAN Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pameran seni rupa, antara lain sebagai berikut: 1. Menurut Jumlah Pesertanya Pameran tunggal,  Merupakan pameran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individual (perorangan). Pameran ke